Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menyelenggarakan kegiatan Workshop Evaluasi Penyedia Barang/jasa Pemerintah. Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 4 sampai dengan 6 Juli 2018, yang dilaksanakan di Hotel Luxton Jl. RA. Kartini No. 60 Cirebon Jawa Barat.

Peserta dari workshop ini adalah para Pokja BLPJ (Bagian Layanan Pengadaan Barang/Jasa), dimana salah satu langkah penting Pokja tersebut adalah melakukan secara teliti berbagai aspek evaluasi didalam penawaran.

Dalam workshop ini LPKSI menyediakan Instruktur/Fasilitator sebagai pendamping selama kegiatan berlangsung dengan akademisi dari bergabai instansi pemerintah maupun swasta yang telah bersertifikat TOT LKPP. Acara ini terdiri dari presentasi, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Praktek dan Simulasi.

Kegiatan workshop ini dilatarbelakangi dengan adanya pergantian Perpres Nomor 54/2010 dan perubahannya. Pergantian tertuang dalam Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah. Hal ini yang menjadi fokus penting dalam meningkatkan pengetahuan layanan evaluasi pengadaan barang/jasa pemerintah.

Tujuan umum Workshop, peserta diharapkan memiliki kualitas dalam melaksanakan dan mampu melaksanakan melakukan evaluasi penawaran penyedia barang/jasa (Penyedia).

Tujuan khusus Workshop:

  • Peserta dapat menentukan persyaratan dokumen dan data sebagai proses kualifikasi dan bagian dari proses pemilihan Penyedia
  • Peserta dapat melakukan penerimaan semua dokumen dan data yang dipersyaratkan dalam rangka proses kualifikasi.
  • Peserta mampu melakukan verifikasi, validasi dan uji independensi semua dokumen serta data Penyedia yang disampaikan ke Pembeli dalam proses kualifikasi Penyedia secara tepat.
  • Peserta mampu menetapkan Penyedia yang memenuhi persyaratan kualifikasi.

Workshop ini memiliki gambaran umum sebagai intisari dari keikutsertaan peserta yang akan menjadi goal yang nantinya meningkatkan kualitas dan pengetahuan tentang pengadaan barang/jasa.

  1. Pendidikan khusus untuk memperoleh suatu keahlian.
  2. Keahlian yang diperlukan untuk melakukan sesuatu (menduduki jabatan dan sebagainya).

LPKSI sebagai wadah yang menjembatani peningkatan kualitas SDM melalui kegiatan workshop ini. Agar terealisasi tujuan pemerintah dalam aturan, proses, dan cara kerja evaluasi penawaran untuk pengadaan barang/jasa.