Sebagaimana diketahui bahwa prestasi merupakan capaian atas kinerja. Peningkatan kinerja merupakan keharusan yang dikehendaki tiap-tiap institusi. Ini berarti bahwa, capaian-capaian positif yang diraih secara individu maupun secara kolektif merupakan impian besar untuk mewujudkan tujuan organisasi.

Sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap organisasi berkepentingan agar SDM yang bernaung dibawahnya memiliki kualifikasi mumpuni untuk menghasilkan karya terbaik. Produktifitas SDM merupakan sarana efektif  agar tiap organisasi tetap eksis.

Dalam hal posisi dan peran strategis sumberdaya aparatur juga perlu mendapat perhatian ekstra. Hari ini, sumberdaya aparatur dituntut untuk terus melakukan reformasi mental dengan berpedoman kepada fungsi-fungsi yang melekat dalam dirinya sebagai pelayan rakyat. Sumberdaya aparatur terus dituntut memiliki kemampuan mumpuni dengan energi ekstra. Tuntutan ini kemudian berimplikasi kepada lahirnya komitmen kolektif organisasi untuk terus membekali sumberdaya aparatur dengan pengetahuan teknis dan filosofis, hard knowledge dan soft skill.

Service excellence merupakan pendekatan brilyan dalam mendukung kinerja organisasi. Pemberian pemahamann tentang pelayanan prima kepada aparatur di lingkungan puskesmas menjadi suatu kebutuhan untuk menjawab tuntutan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kata lain, penguatan SDM puskesmas tentang arti penting dan bagaimana praktek service excellence atau pelayanan prima merupakan keharusan. Tuntutan ini seakan menemukan bentuk dalam kondisi puskesmas dengan status semi independe sebagai BLUD (Badan Layanan Umum Daerah)

Pengembangan kapasitas individu dan kapasitas kolektif pegawai menjadi satu tuntutan penting untuk mendukung ketersediaan SDM andal dan mumpuni. Berbagai pelatihan dan bimtek kerap kali ditawarkan untuk memberikan kesempatan kepada para pejabat dan staff sehingga mampu mendukung peningkatan kinerja demi tercapaianya tujuan institusi

Untuk itu, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI), menyelenggarakan Workshop Service Excellence Manajemen Dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Puskesmas. Pada hari tanggal 06-08 September 2019, bertempat di Hotel Swissbel, Dago-Bandung. Acara ini dihadiri oleh para peserta dari Pimpinan SKPD, Staff SKPD dan Puskesmas  di Kabupaten Bekasi. Tim LPKSI mengundang fasilitator yaitu Kang Oji (Motivaror Nasional & Psikolog) dan Hj. Neneng Athiatul Fauziah (Ahli Komunikasi Pelayanan) yang membahas materi pelajaran diantaranya adalah:

  1. Aplikasi Service Excellence Manajemen di era 4.0 Dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Puskesmas
  2. Mental Block” & Pendekatan Psikologis Dalam Komunikasi Pelayanan di Puskesmas
  3. Strategi Kerjasama Team, Membangun “trust” Demi Meningkat kan Kinerja Organisasi di Lingkungan Puskesmas

Sebagai catatan, acara ini bertujuan untuk menambah kapasitas dan pengetahuan para pimpinan dan staff sekaligus untuk memperkuat team work dalam keluarga besar Puskesmas se Kab. Bekasi. Serta untuk menambah kapasitas keilmuan sumberdaya aparatur, mengetahui dan memahami teknis dan strategi dalam muatan service excellence, memahami pesan-pesan dalam “teknis berfikir positif” dalam mendukung peningkatan kinerja, mengetahui dan memahami peran dan posisi strategis “team work” untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi, agar terjadi peningkatan kinerja dan produktifitas sumberdaya aparatur