Workshop Perencanaan Teknis Infrastruktur Permukiman

Pelaksanaan pembangunan nasional di seluruh Indonesia merupakan kewajiban negara sebagaimana yang tertuang perintah konstitusi. Oleh karenanya, negara melalui kementrian dan dinas terkait memiliki program untuk mensukseskan perintah konstitusi tersebut.

Salah satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang diberi mandat dalam melaksanakan program pembangunan adalah Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman & Pertanahan (DPRKPP). Ada tiga fokus OPD ini yakni membangun dan melaksanakan konstruksi drainase, MCK dan jalan lingkungan. Untuk memastikan bahwa pelaksanaan pembangunan tiga bidang ini berjalan dengan baik maka dibutuhkan proses perencanaan dengan matang.

Workshop Perencanaan Teknis Infrastruktur Permukiman II

            Perencaaan teknis insfrastruktur permukiman ini sasarannya kepada tiga bidang yakni perencanaan bidang MCK, jalan lingkungan dan drainase. Untuk diketahui, titik lokus yang dibutuhkan oleh para SDM yang terlibat adalah mengetahui dan memahami bagaiman menyusun perencanaan teknis infrastruktur permukiman dari perencanaan, penyusunan anggaran biaya (RAB) hingga melahirkan gambar teknis.

Untuk menjebatani hal ini, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis  Indonesia (LPKSI) yang memiliki concern dalam pengkajian perencaaan Pembangunan dan Pengadaan mengadakan acara dan program yang dibingkai dalam workshop tiga hari (11-13 September 2019) bertempat di Hotel El Royal, Jln. Merdeka, Bandung, Jawa Barat. Acara ini diharapkan mampu menjawab keinginan dan harapan para SDM yang terlibat langsung dalam proses perencanaan teknis insfrastruktur permukiman khususnya pada Dinas DPRKPP. Kegiatan ini membahasa beberapa topik  diantaranya:

  1. Signifikansi dan Filosofi Menyusun Perencanaan Teknis Infrastruktur Permukiman
  2. Tatacara Perencanaan Teknis Insfrastruktur Permukiman: Bidang MCK
  3. Tatacara Perencanaan Teknis Insfrastruktur Permukiman: Bidang Jalan Lingkungan
  4. Tatacara Perencanaan Teknis Insfrastruktur Permukiman: Bidang Drainase
  5. Teknis Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dalam Pembuatan MCK
  6. Teknis Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dalam Pembuatan Jalan Lingkungan
  7. Teknis Penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam Pembuatan Drainase
  8. Kekeliruan Umum Saat Penyusunan Anggaran Biaya bidang MCK, Jalan Lingkungan dan Drainase serta alternatif solusi
  9. Desain dan Tatacara melahirkan gambar dalam proses perencaaan infrastruktur permukiman di bidang MCK, jalan lingkungan dan Drainase

            Serial workshop ini merupakan salah satu program yang terus didorong oleh LPKSI, dengan harapan pelaksaan pembangunan di daerah memiliki hasil yang lebih maksimal dan bermanfaat bagi rakyat di daerah.

Workshop Perencanaan Teknis Infrastruktur Permukiman III