Seiring berkembangnya perkotaan dan padatnya pemukiman membuat banyak lahan hijau saat ini ddigantikan oleh gedung  yang bahayanya ada yang tanpa memikirkan dampak lingkungan. Namun sekarang ini telah mulai dirasakan tentang kesadaran pentingnya lingkungan yang sehat dan bersih. Hal itu dikarenakan masyarakat maupun sebagian besar orang terkena dampak lingkungan yang bisa berakibat pada kesehatan, contoh kecilnya adalah polusi. Dari itu Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupeten Bekasi memiliki tupoksi, satu diantaranya adalah memelihara pertamanan.

Untuk itu diperlukan pemahaman dan pengetahuan teknis bagi SDM yang bertanggungjawab memelihara pertamanan di wilayah Kabupaten Bekasi. Oleh karenanya, LPKSI memfasilitasi kursus atau pelatihan singkat bagi SDM pertamanan dengan tema, “Pelatihan Teknis Pemeliharaan Pertamanan di Wilayah Pemda Kab. Bekasi” Kegiatan ini berlangsung di Hotel Java Palace, Jababeka, Cikarang, selama tiga hari mulai dari tanggal 27 sampai dengan 29 Agustus 2019. Tim LPKSI mengundang Ketua Umum Perhimpunan Florikultura Indonesia yaitu Ibu Ir. Deborah Herlina Adriani, MS dan & Tim (Rosita Nursery-Bogor). Kedua narasumber ini membahasa beberapa materi pelajaran diantaranya adalah:

  1. Urgensi Pemeliharaan Tanaman: Kebutuhan Cahaya, Air, Suhu, ZPT, Perbanyakan dan Pengendalian Hama danPenyakit bijakan umum dalam tanggungjawab pengelolaan pertamanan di lingkungan pemerintah daerah
  2. Pemeliharaan Pertamanan Dari Aspek Lingkungan dan Tanaman Jenis tanaman, peruntukan, fungsi dan aspek perawatan
  3. Praktek Dan Simulasi Pemeliharaan Pertamanan (Bag. Pertama)
  4. Praktek dan Simulasi Pemeliharaan: Jenis dan Tatacara Memperbanyak (Bag. Kedua)
  5. Aneka Permasalahan Pemeliharaan Pertamanan dan Alternatif Solusi