Sudah menjadi suatu keharusan bahwa setiap organisasi berkepentingan agar SDM yang bernaung di bawahnya memiliki kualifikasi mumpuni untuk menghasilkan karya terbaik. Produktifitas SDM merupakan sarana efektif  agar tiap organisasi tetap eksis.

            Dalam hal posisi dan peran strategis sumberdaya aparatur juga perlu mendapat perhatian ekstra. Hari ini, sumberdaya aparatur dituntut untuk terus melakukan reformasi mental dengan berpedoman kepada fungsi-fungsi yang melekat dalam dirinya sebagai pelayan rakyat. Sumberdaya aparatur terus dituntut memiliki kemampuan mumpuni dengan energi ekstra. Tuntutan ini kemudian berimplikasi kepada lahirnya komitmen kolektif organisasi untuk terus membekali sumberdaya aparatur dengan pengetahuan teknis dan filosofis, hard knowledge dan soft skill.

            Service excellence merupakan pendekatan brilyan dalam mendukung kinerja organisasi. Pemberian pemahamann tentang pelayanan prima kepada aparatur di lingkungan puskesmas menjadi suatu kebutuhan untuk menjawab tuntutan pelayanan kepada masyarakat. Dengan kata lain, penguatan SDM puskesmas tentang arti penting dan bagaimana praktek service excellence atau pelayanan prima merupakan keharusan. Tuntutan ini seakan menemukan bentuk dalam kondisi puskesmas dengan status semi independe sebagai BLUD (Badan Layanan Umum Daerah)

Untuk mendukung meningkatnya kualitas sumberdaya aparatur puskesmas, maka Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) bermaksud mengadakan serangkaian agenda yang terangkum dalam acara“Workshop Service Excellence Manajemen dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Puskesmas”. Sebagai catatan, acara ini diorientasikan untuk para aparatur khususnya di lingkungan Puskesmas agar nantinya memiliki kecakapan dan kompetensi teknis serta mampu produktif dalam tantangan dan dinamika kerja. Kegiatan berlangsung selama dua hari mulai pada tanggal 24-25 Agustus 2019 di Kamojang Green Hotel & Resort Garut. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh narasumber Psikolog Bapak Syafrudin Irfan dan ahli komunikasi pelayanan yaitu Ibu Hj.Neng Athiatul Faizaiyah, S. Ag., M.Iko. Ada beberapa topik bahasan yang dipaparkan oleh narasumber yaitu:

  1. Aplikasi Service Exellence Manajemen di Era 4.0 dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Puskesmas
  2. “Mental Block” & Pendekatan dalam Komunikasi Pelayanan di Puskesmas
  3. Strategi dan Tatacara Mewujudkan Pelayanan Prima di Puskesmas melalui Kerjasama Tim