Sumberdaya manusia merupakan entitas terpenting dalam satuan organisasi, termasuk dalam hal ini adalah institusi pemerintah. Kualifikasi pegawai (SDM) yang mumpuni, cakap secara intelektual, memiliki integritas dan daya tahan dalam pekerjaan merupakan spek yang dibutuhkan oleh setiap OPD (organisasi perangkat daerah).

Tak dapat dipungkiri bahwa rutinitas kerja pegawai acapapkali berdampak kepada irama kerja. Energi produktif terkadang tersita oleh persoalan sepele, hingga tak jarang dengan tanpa sadar mempengerahui roda organisasi secara kolektif.

Sebagai langkah kongkrit dalam menunjang produktifitas dan kinerja pegawai diperlukan langkah nyata dalam wujud pembinaan pegawai. Pembinaan ini dimaksudkan untuk mereveiew kembali semangat kolektif dan persatuan pegawai untuk mencapai tujuan institusi dalam menjembatani visi dan misi pemimpin daerah. Lebih dari itu, pembinaan pegawai juga berorientasi untuk “reenergizing” tenaga dan kekuatan pegawai dalam menghadapi tantangan pekerjaan dimasa mendatang. Dengan fasilitasi pegawai dalam wujud acara pembinaan, diharapkan seluruh SDM yang ada dalam tiap OPD memiliki energi, semangat dan produktifitas kerja dalam irama persatuan.

Untuk menjebatani hal ini, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis  Indonesia (LPKSI) yang memiliki concern dalam acara pembinaan pegawai termasuk pelatihan, workshop, bimbingan teknis, mengadakan serangkai acara “Pembinaan Pegawai di Lingkungan Setda Kab, Bekasi”. Kegiatan ini berlangsung di di Hotel Discovery, Ancol, Jakarta, selama tiga hari mulai dari tanggal 21 sampai dengan 23 Agustus 2019. Menghadirkan pemateri yaitu Syafruddin Irfan/Kang Oji (Psikolog dan Motivator Nasional), Manimbang Kahariady (Ahli Pemerintahan di Bidang Komunikasi) dan M. Mada Gandhi (Ahli Media). Adapun materi yang dibahasa adalah sebagai berikut:

  1. Desain Pelayanan Prima di Lingkungan Setda di era 4.0
  2. Mental Block” dan Alternatif Solusi Dalam Memperkuat SDM Organisasi Pemerintah
  3. Mengelola Komunikasi Efektif di Lingkungan Setda
  4. Strategi Menghadapi Wartawan, LSM, Partai Politik dan Protes di Medsos

Acara pembinaan pegawai, diharapkan selama satu tahun ke depan, para staff, pejabat eselon, teknisi, pelaksana dan perangkat lainnnya seperti THL (Tenaga Harian Lepas) dapat membangunan irama kerja dengan kualifikasi terbaik.