Saat ini, irama kerja pegawai sedikit banyak dipengaruhi berbagai perangkat teknologi dan juga penggunaan berbagai aplikasi, tidak terkecuali pada jenjang pemerintah daerah. Pengelolaan dan distribusi gaji serta pendapatan yang sah bagi setiap pegawai semakin modern. Untuk itu, diperlukan upgrade pengetahuan dan informasi dan tatacara bagaimana menggunakan berbagai aplikasi dalam memudahkan dan meningkatkan kinerja para stakeholder yang terlibat langsung dalam penggunaan aplikasi simgaji.

Hal diatas beriringan dengan keputusan Pemerintah pusat dengan menerbitkan PP No 18 tahun 2018 Tentang perubahan kedua atas PP No 19 tahun 2016 tentang pemberian gaji, pensiun atau tunjangan ketiga belas kepada ASN, prajurit TNI, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, pejabat negara dan penerima pensiunan atau tunjangan serta peraturan PP no 19 tahun 2018 tentang pemberian tunjangan hari raya dalam tahun anggaran 2018 kepada ASN, Prajurit TNI, Anggota POLRI dan pejabat negara, penerima pensiunan dan penerima tunjangan, ini sebagai wujud apresiasi pemerintah dalam rangka meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan pegawai negeri sipil.

Dalam kerangka meningkatkan kualitas dan pengetahuan serta pemahaman pegawai di lingkungan BPKAD khususnya tentang bagaimana operasionalisasi aplikasi simgaji, Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah Kabupaten Bekasi menggelar Bimbingan Teknis dan pelatihan penggunaan aplikasi gaji Taspen. Bertempat di hotel Java Palace, Jababeka, Cikarang, Bekasi melibatkan seluruh operator gaji setiap SKPD sampai pada Kecamatan lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi (29-30/09/19).

SimGaji merupakan komputerisasi proses penggajian yang terintegrasi dengan aplikasi keuangan daerah dan unit kerja lainnya dengan menyajikan data secara akurat, tepat dan up to date. Penerapan aplikasi tersebut memudahkan pekerjaan pengelolaan gaji sesuai kebutuhan administrasi keuangan, lebih mudah, transparan dan cepat serta akurat dengan mengoptimalkan pemanfaatan data pegawai meliputi pembuatan maupun pencetakan daftar gaji termasuk rapel secara terpusat atau pun per bagian. termasuk rapel secara terpusat maupun perbagian.

Aplikasi SIM Gaji antara lain keunggulannya mengubah data gaji PNS sesuai regulasi pemerintah, administrator mudah mengakses data, baik secara umum maupun per golongan serta antisipasi pembayaran ganda, keterlanjuran bayar sehubungan pegawai pensiun atau tunjangan anak. Aplikasi tersebut memberikan banyak kemudahan kepada setiap pemerintah daerah, termasuk instansi pemerintah di dalamnya dalam database kepegawaian. Secara detail pelajaran yang disampaikan pada kegiatan ini oleh pemateri adalah sebagai berikut:

  1. Kebijakan Keuangan dan Sistem Gaji di Lingkungan Pemda
  2. Pengenalan Aplikasi Simgaji
  3. Penggunaan Fitur-Fitur Dalam Aplikasi Simgaji
  4. Praktek dan Simulasi Penggunaan Aplikasi Simgaji (bagian pertama)
  5. Praktek dan Simulasi Penggunaan Aplikasi Simgaji (bagian Kedua)
  6. Aneka Permasalahan dalam penggunaan aplikasi simgaji dan alternative solusi

Semoga  pelatihan ini dapat diterapkan pada masing – masing SKPD – SKPD yang nantinya akan berdampak pada akurasi dan validasi data gaji tersebut. Kegiatan ini juga merupakan salah satu upaya pencapaian sasaran startegis BPKAD dalam peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan.