Petugas Kesehatan Tradisional Puskesmas (PTKP), merupakan organ yang berrtugas langsung dalam pelayanan kesehatan. Segala dinamika pelayanan kesehatan, menjadi tantangan tersendiri bagi para PTKP. Lebih dari itu, pelayanan kesehatan yang dilakukan para PTKP menjadi ujung tombak dalam keberhasilan meningkatkan performa layanan kesehatan.

Demikian sentralnya peran PTKP, maka diperlukan peningkatan kapasitas bagi pra SDM yang bernaung dalam PTKP tersebut. Hal ini juga bertujuan untuk menambah perbekalan pengetahuan, wawasan dan pengalaman bagi par SDM PTKP. SDM yang handal tentu saja akan berpengaruh pada performa layanan kesehatan kepada masyarakat.

Oleh karenanya, Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi bersama LPKSI mengadakan “Workshop Petugas Kesehatan Tradisonal Puskesmas”, selama dua hari dari tanggal 13-14 Februari 2020, bertempat di Green Forest Resort, Lembang-Bandung Jawa Barat. Team LPKSI menghadirkan narasumber dari kalangan professional Ibu Dr. Hj. Leila Mona Ganiem dan (Founder Rumah Kesadaran), Bapak Nanang Qosim Yusuf (Naqoy). Kedua pemateri ini menyampaikan hal-hal yang sangat menarik dan penting diantaranya, Menemukan “One Minuate Awareness” (OMA) & Titik Balik Perubahan.

Menurut Ibu Dr. Hj. Leila Mona Ganiem “pelayanan kesehatan tradisional menjadi pelengkap pelayanan kesehatan modern. “Jadi pelayanan kesehatan tradisional dan tindakan medis saling melengkapi, Oleh sebab itu perlu dilakukan pembinaan dan pengawasan kepada petugas agar ramuan yang yang diberikan ke masyarakat dapat di pertanggung jawabkan manfaat dan keamanannya.