Sumberdaya manusia merupakan entitas terpenting dalam satuan organisasi, termasuk dalam hal ini adalah institusi pemerintah. Kualifikasi pegawai (SDM) yang mumpuni, cakap secara intelektual, memiliki integritas dan daya tahan dalam pekerjaan merupakan spek yang dibutuhkan oleh setiap OPD (organisasi perangkat daerah). Tak dapat dipungkiri bahwa rutinitas kerja pegawai acapapkali berdampak kepada irama kerja. Energi produktif terkadang tersita oleh persoalan sepele, hingga tak jarang dengan tanpa sadar mempengerahui roda organisasi secara kolektif.

Sebagai langkah kongkrit dalam menunjang produktifitas dan kinerja pegawai diperlukan langkah nyata dalam wujud pembinaan pegawai. Pembinaan ini dimaksudkan untuk mereveiew kembali semangat kolektif dan persatuan pegawai untuk mencapai tujuan institusi dalam menjembatani visi dan misi pemimpin daerah. Lebih dari itu, pembinaan pegawai juga berorientasi untuk “reenergizing” tenaga dan kekuatan pegawai dalam menghadapi tantangan pekerjaan dimasa mendatang. Dengan fasilitasi pegawai dalam wujud acara pembinaan, diharapkan seluruh pegawai yang ada dalam tiap OPD memiliki energi, semangat dan produktifitas kerja dalam irama persatuan. Sebagaimana diketahui bahwa peningkatan kapasitas pegawai di lingkungan pemerintah daerah terus didorong. Hal ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pegawai. Harapannya, diperoleh produktifitas kerja dan peningkatan kinerja.

Hal ini juga berlaku bagi pegawai yang ada dalam lingkup Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Dinamika dan irama kerja kerap kali terganggu dan mempengaruhi roda organisasi. Untuk itu, diperlukan sarana dan prasarana untuk menjembatani peningkatan kualitas pegawai yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan pelayanan.

Dalam kerangka itu, LPKSI bersama Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Bekasi menyelenggarakan Pembinaan Pegawai Perangkat Daerah Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah selama dua hari dari tanggal 28-29 Februari 2020 bertempat di GH Universal Hotel, Lembang-Bandung. Adapun materi yang disampaikan oleh nara sumber mengenai Desain Layanan Profesional Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah: Akrab dan Bersahabat oleh Bapak Dr. Hary Margomo (Professional).

Acara pembinaan pegawai ini, diharapkan selama satu tahun ke depan, para staff, pejabat eselon, teknisi, pelaksana dan perangkat lainnnya seperti THL (Tenaga Harian Lepas) dapat membangunan irama kerja dengan kualifikasi terbaik.