Keuangan adalah salah satu cara untuk mengetahui bagaimana bisnis berjalan, untuk meningkatkan organisasi, mengalokasi, menggunakan sumber daya moneter dengan sejalannya waktu, dan juga menghitung resiko dalam menjalankan proyeknya. Dalam hal ini, manajemen keuangan sangatlah penting dan salah satu tahap dalam manajemen keuangan yang paling penting adalah pelaporan keuangan.

Peningkatan SDM Tentang Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Dinas Sosial

Pelaporan keuangan adalah segala aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan penyampaian informasi keuangan. Pelaporan keuangan tidak hanya memuat laporan keuangan, namun juga cara-cara lain dalam mengkomunikasikan informasi yang berhubungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan informasi yang berhubungan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan informasi yang diberikan oleh sistem akuntansi yaitu informasi mengenai sumber daya, kewajiban, penghasilan perusahaan dan lain-lain.

Peningkatan SDM Tentang Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Dinas Sosial I

Pelaporan keuangan adalah hal yang wajib untuk dilakukan dan membutuhkan sesorang yang mampu dan memiliki kemampuan kompeten agar dapat menyusun laporan tersebut secara tepat. Untuk bisa mendapatkan SDM yang berkompeten maka perlu diadakan pembinaan guna memberlakukan peningkatan SDM pada instansi dan dengan menyadari hal ini, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) mengambil tindakan dengan mengadakan Peningkatan SDM Tentang Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Dinas Sosial untuk membantu kedinasan sosial dalam meningkatkan SDM-nya.

Peningkatan SDM Tentang Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Dinas Sosial III

Acara Peningkatan SDM Tentang Pengelolaan dan Pelaporan Keuangan Dinas Sosial ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) di Hotel Marbella, Dago Pakar – Bandung, selama dua hari mulai dari Jumat 2-3 Agustus 2019. Acara ini turut mengundang Asep D. Ramdani, S.E., Ak (BPKP), KPP Cikarang Utama dan Rivaldi Dasir (Konsultan SDM) sebagai narasumber dan fasilitator dan membahas materi tentang:

  1. Review Tata Kelola Keuangan Daerah: Peran Strategis PPK dan Bendahara Pengeluaran
  2. Perpajakan
  3. Membangun Sinergi dan Tatacara Pelayanan Efektif dan bertanggungjawab di lingkungan kantor pemerintah