Sumber Daya Manusia (SDM) adalah manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi/institusi yang berperan sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi tersbut. SDM adalah aset utama yang merupakan kunci penentu perkembangan perusahaan dan aset bernilai yang dapat dilipatgandakan, dikembangkan sehingga harus dilatih, dijaga, disejahterakan dan diberi pembinaan. SDM merupaka salah satu faktor yang sangat penting sehingga harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, Manajemen sumber daya manusia merupakan program aktivitas untuk mendapatkan sumber data manusia, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan untuk mendukung organisasi mencapai tujuannya.

Dalam rangka pemwujudan visi dan misi dari kepemerintahan Indonesia yaitu menyejahterakan rakyat, maka dapat dimulai dari melakukan pengayaan dan evaluasi terhadap pegawai perangkat daerah khususnya pada bidang kesehatan seperti Puskesmas, oleh karena itu Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) mengadakan kegiatan Capacity Building Dalam Kerangka Penguatan SDM Puskesmas dengan harapan dapat membantu pelatihan dan pembinaan pada SDM Puskesmas.

Pembinaan adalah totalitas kegiatan yang meliputi perencanaan, pengaturan dan penggunaan pegawai sehingga menjadi pegawai yang mampu mengemban tugas menurut bidangnya masing-masing agar dapat mencapai prestasi kerja atau hasil yang efektif dan efisien. Sama halnya dengan pembinaan, Capacity Building Dalam Kerangka Penguatan SDM Puskesmas juga mempunyai tujuan yang sama karena Capacity Building adalah proses di mana individu dan organisasi memperoleh, meningkatkan, dan mempertahankan keterampilan, pengetahuan, peralatan dan sumber daya lain yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka secara kompeten atau untuk kapasitas yang lebih besar.

Kegiatan Capacity Building Dalam Kerangka Penguatan SDM Puskesmas yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI)  ini diadakan di D’Riam Riverside Resort Ciwidey – Bandung selama dua hari mulai dari Sabtu 20 Juli 2019 sampai dengan Minggu 21 Juli 2019. Tim LPKSI mengundang fasilitator yaitu Kang Oji (Motivaror Nasional & Psikolog) dan Rivaldi Dasir (Konsultan SDM) dan membahas materi pelajaran diantaranya adalah:

  1. Kualifikasi SDM Puskesmas di Era Pelayanan 4.0
  2. Aspek Spiritual Dalam Mendukung Peningkatan Kinerja SDM Puskesmas
  3. Ramah Tamah dan Malam Keakraban
  4. Strategi Kerjasama Team, Membangun “trust” Demi Meningkatkan Kinerja Organisasi di Lingkungan Puskesmas