Permerintah terus mendorong peningkatan kapasitas sumberdaya manusia (SDM) baik secara berjenjang maupun secara “short cut”. Hal ini bertujuan untuk mempercepat penyebaran informasi dan pengetahuan serta pengetahuan teknis yang salah satu sasarannya adalah para pegawai pemerintah.

Salah satu SDM yang menjadi sasaran peningkatan kapasitas adalah bagian keuangan atau SDM yang terlibat dalam pengelolaan keuangan. Diantara materi penting dalam pengelolaan keuangan adalah akuntasi dasar. Penajaman kembali terkait dengan akuntasi dasar menjadi penting adanya, termasuk di lingkungan dinas dan UPTD kesehatan.

Sebagai suatu sIstem informasi, akuntansi merupakan suatu proses yang terdiri dari tiga aktivitas: mengidentifikasi, mencatat, dan mengkomunikasikan kejadian-kejadian ekonomi dari suatu organisasi (bisnis atau nirlaba) kepada pengguna yang berkepentingan/berminat dengan informasi itu.
 Mengidentifikasi berarti memilih kejadian-kejadian yang dianggap sebagai bukti adanya aktivitas ekonomi dari suatu organisasi.
 Mencatat berarti merekam aktivitas-aktivitas keuangan organisasi. Mencatat juga berarti mengelompokkan dan mengikhtisarkan aktivitas-aktivitas ekonomi yang sejenis. Pencatatan biasanya dilakukan dalam jurnal dan buku besar.
 Mengkomunikasikan berarti menyiapkan laporan-laporan akuntansi dan mendistribusikannya kepada para pengguna yang berkepentingan. Laporan- laporan akuntansi yang paling lazim adalah laporan keungan (financial statement) yang terdiri dari neraca, laporan laba-rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas. Pengkomunikasian juga mencakup analisis dan interpretasi atas informasi akuntansi.

Kegiatan Pelatihan Akuntansi Dasar Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kab. Bekasi, diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI)  ini diadakan di El Royale Hotel Bandung, selama tiga hari mulai dari tanggal 07 sampai dengan 09 Agustus 2019 . Tim LPKSI mengundang fasilitator yaitu Yanto, SE., Ak., M. Ak., CA. dan membahas materi pelajaran diantaranya adalah:

  1. Kebijakan Umum Keuangan dan Sistem Pemerintah
  2. Persamaan Dasar Akuntansi dan Analisis Transaksi serta Penyajian Laporan Keuangan
  3. Proses Pencatatan Transaksi: Perkiraan, Jurnal Umum dan Neraca Saldo
  4. Penyusaian Perkiraan: Jurnal Penyusaian dan Penyiapan Kertas Kerja
  5. Siklus Akhir Pencatatan: Neraca Lajur (Work Sheets) dan Laporan Keuangan