Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa (BLPBJ) bertugas untuk menyelenggarakan perencanaan, pembinaan, pelaksanaan dan penatausahaan pengadaan barang dan jasa serta evaluasi dan penyelesaian sanggah dalam proses pengadaan barang dan jasa. Fungsi BLPBJ antara lain adalah:

  1. Penyusunan petunjuk teknis dan rencana umum pengadaan barang dan jasa;
  2. Pengendalian dan evaluasi kebijakan dalam proses pengadaan barang dan jasa;
  3. Penyelenggaraan administrasi layanan pengadaan barang dan jasa;
  4. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan fungsinya, BLPBJ harus mampu menyelesaikan berbagai tugas dan kewajibannya sebagai salah satu pejabat negara yang harus melaksanakan urusan layanan pengadaan barang dan jasa. Agar mampu melaksanakan tugas dengan baik dan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka kegiatan pembinaan sumber daya manusia perlu dilakukan dengan membahas penjelasan arah kebijakan pengembangan dan pembinaan SDM Pengadaan Barang/Jasa yaitu peningkatan fairness, transparansi, dan profesionalisme dalam pengadaan barang/jasa

Demi tercapainya upaya pengembangan SDM pengadaan secara profesional, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menyelenggarakan Pembinaan SDM Pelaku Barang/Jasa bagi aparatur daerah. Kegiatan Pembinaan SDM Pelaku Barang/Jasa ini diharapkan dapat mengubah pola pikir dan membentuk sifat profesionalisme bagi SDM pengadaan barang/jasa khususnya di Kabupaten Bekasi.

Acara Pembinaan SDM Pelaku Barang/Jasa ini dilakukan bersama Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) selama tiga hari sejak Rabu, 30 Januari 2019 sampai Jumat 1 Februari 2019 di Trizara Resort Hotel Lembang, Bandung berorientasi pada pembinaan sikap, perilaku, strategi komunikasi dan kerja profesional yang akan diaplikasikan oleh SDM Pelaku Pengadaan Barang/Jasa.

Materi Pembinaaan SDM Pelaku Barang/Jasa:

  1. Strategi Menghadapi Wartawan, Partai Politik dan LSM Dalam Dinamika Kerja Pengadaan
  2. Tips dan Trik Membangun “Image” BLPBJ: Bukan Sekedar Tempat Lelang
  3. Komunikasi Efektif BLPBJ dan Strategi Berbusana
  4. Assesment dan Evaluasi Tim Pokja, Pimpinan dan Staff BLPBJ
  5. Tantangan dan Review Kinerja BLPBJ Tahun 2018

Fasilitator dan Narasumber:

  1. Asep Kamaluddin Natsir
  2. Sandra Erawanto, S.STP., M.Pub.Pol (Kemensetneg)
  3. Syahfrudin Irfan (Psikolog)
  4. Iwan R. Zaelani, M.Si
  5. Tim LPKSI