Setiap organisasi pasti memiliki Visi, Misi dan Tujuannya sendiri. Untuk mencapai tujuannya tersebut, organisasi akan melakukan segala upaya dan semuanya dimulai dari pembenahan SDM atau tenaga kerja yang ada. Tak terkecuali pada organisasi pemerintahan, formasi dan jabatan merupakan sebuah langkah besar untuk memenuhi tujuan dan urusan kepemerintahan khususnya untuk masing-masing Pemerintah Daerah. Urusan Pemerintahan yang dimaksud di sini adalah kekuasan pemerintahan yang menjadi kewenangan Presiden yang pelaksanaannya dilakukan oleh kementerian negara dan penyelenggara Pemerintahan Daerah untuk melindungi, melayani, memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat.

Pejabat Daerah atau yang kemudian disebut sebagai Perangkat Daerah adalah unsur pembantu kepala Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam penyelenggaraan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah. Hal ini berarti, Perangkat Daerah adalah organisasi atau lembaga pada Pemerintah Daerah yang bertanggung jawab kepada Kepala Daerah yang masing-masing Daerah dibentuk berdasarkan pertimbangan karakteristik, potensi dan kebutuhan Daerah.

Untuk mampu menjalani Urusan Pemerintahan, maka masing-masing pegawai Perangkat Daerah harus memahami terlebih dahulu tentang tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menyoroti persoalan tersebut dan memperhatikan adanya kebutuhan pengajaran dan pembinaan terhadap pegawai perangkat daerah yang kemudian menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pegawai Perangkat Daerah, dengan harapan mampu menekan dan mempertegas kekuatan Pegawai Perangkat Daerah agar dapat menjalani tugas pokok dan fungsinya masing-masing dengan tujuan mendapatkan hasil dari pelayanan publik yang efektif, efisien dan maksimal.

Kegiatan Pembinaan Pegawai Perangkat Daerah ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI)  di Pulau Ayer Island Resort – Kepulauan Seribu, selama dua hari mulai dari Selasa 18 Juni sampai dengan Rabu 19 Juni 2019. Turut serta mengundang Rivaldi Dasir (Konsultan SDM) dan Arief Abdurrahman (Motivator Nasional) sebagai narasumber / fasilitator dan membahas materi tentang:

  1. Organisasi Modern di era 4.0: Pengelolaan dan Tantangan
  2. Mengenali Kelemahan Individu dan Kelompok Serta Strategi Menguatkan Roda Organisasi Berbasis Pelayanan Prima
  3. Aspek Spiritual Dalam Mensukseskan Misi Organisasi