Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) adalah laporan atas penyelenggaraan pemerintah suatu daerah selama 1 (satu) tahun anggaran berdasarkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah yang disampaikan oleh Kepala Daerah kepada Pemerintah Pusat. Laporan ini menggambarkan kinerja urusan yang ditangani oleh Pemerintah Daerah.

Penyusunan LPPD merupakan kewajiban Kepala Daerah untuk melaporkan hasil penyelenggaraan pemda kepada Pemerintah Pusat. Penyusunan LPPD juga memiliki tujuan, antara lain adalah untuk mengetahui kinerja pencapaian IKK setiap Perangkat Daerah dan sebagai sumber informasi dalam evaluasi penyelenggaraan pemda dan bahan pembinaan lebih lanjut, untuk memberikan masukan bagi kepala daerah dalam perumusan kebijakan pemerintahan dan pembangunan daerah, serta sebagai bahan untuk penilaian Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).

Beberapa permasalahan seperti kesulitan menyamakan persepsi indikator LPPD dan kurangnya pemahaman SKPD selaku penyedia data IKK LPPD, lalu masalah komitmen dari pimpinan dan SKPD terhadap validitas dan pemenuhan data dukung LPPD, dan juga masalah tentang lamanya penyusunan buku laporan LPPD karena lambatnya pengumpulan data dari SKPD, maka Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LKPSI) menyelenggarakan Bimtek Penyusunan LPPD dengan harapan mampu membantu Pejabat Daerah dalam melakukan penyusunan LPPD dan meningkatkan kecakapan dan kemahiran para pejabat agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Kegiatan Bimtek Penyusunan LPPD ini diselenggarakan oleh Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LKPSI) di Hotel Grand Tjokro – Bandung, selama tiga hari mulai dari Rabu, 12 Juni sampai dengan Jumat 14 Juni 2019.

Fasilitator / Narasumber:

  1. Sulthon Rohmadin, S.STP., M.Si (IPDN Bandung)
  2. Agus Saragih (BPKP Provinsi Jawa Barat)
  3. Ronald BJ. Pangemanan, S.E., M.AP (Biro Pemerintahan dan Kerjasama Pemprov Jabar)

Materi:

  1. Membedah Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2019 Tentang Laporan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah
  2. Teknis dan Tatacara Penyusunan LPPD (tutorial)
  3. Praktek entry LPPD Kab. Bekasi
  4. Review aneka common errors dalam entry LPPD dan alternatif solusi