Indonesia dalam menghadapi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, diperlukan pengelolaan arsip elektronik. Pengelolaan arsip elektronik ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas Pelayanan kepada masyarakat. Dalam rangka pengelolaan arsip elektronik sebagai pelaksanaan e-Government di lembaga negara, diperlukan pedoman penyusunan kebijakan arsip elektronik.

Lembaga Negara dan Penyelenggara Pemerintahan Daerah, perlu melakukan tertib pengelolaan arsip yang meliputi: pembuatan daftar arsip dinamis, pelaporan dan penyerahan salinan autentik arsip terjaga, pelaksanaan penyusutan arsip sesuai dengan prosedur, dan menjadi simpul Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN). Pimpinan lembaga negara dan penyelenggara pemerintahan daerah harus menetapkan program arsip vital berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh Kepala ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia).

Untuk mendukung peningkatan kualitas Pelayanan kepada masyarakat, Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) mengadakan Pelatihan Terpadu Kearsipan: Teknis & Tatacara Pengelolaan, yang diorientasikan kepada pejabat negara khususnya di lingkungan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kab. Bekasi agar gerakan tertib arsip dapat dilakukan secara profesional.

Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Terpadu Kearsipan: Teknis & Tatacara Pengelolaan ini berlangsung selama dua hari, dimulai dari hari Selasa 05 Maret sampai dengan Rabu 05 Maret 2019 di Sakura Park Hotel & Residence, Deltamas, Cikarang. Pelaltihan ini berfokus pada teknis pengelolaan dan tatacara dalam mengolah arsip, baik itu arsip dinamis maupun arsip statis.

LPKSI mendatangkan narasumber yang kompeten pada bidangnya, dalam kesempatan kali ini LPKSI mengundang Nedi Supriadi (Konsultan Kearsipan Indonesia) dan Syahfrudin Irfan (Motivator Nasional dan Psikolog) untuk membahas materi diantaranya adalah:

  1. Kebijakan Umum Pengelolaan Arsip dan Perpustakaan
  2. Review Dasa-Dasar Pengelolaan Arsip
  3. Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis
  4. Teknis Pengelolaan Arsip Statis
  5. Self Motivation Untuk Pengembangan Karir dan Kinerja