Meningkatkan kapasitas kinerja pekerja dalam suatu organisasi merupakan strategi yang harus dilakukan oleh seluruh sumberdaya. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh LPKSI dalam rangka mendukung peningkatkan kinerja aparatur Negara dalam bidang layanan kesehatan yaitu para pekerja Puskesmas melalui pelatihan Capacity Building Dalam Kerangka Akreditasi & Penguatan SDM Puskesmas.

Peningakatan kinerja pekerja dimasukkan kedalam kerangka akreditasi sehingga para aparatur lebih teliti dan peduli untuk meningkatkan terus-menerus cara kerjanya yang berimplikasi pada kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang diberikan oleh rekean-rekan pekerja di Puskesmas.

Capacity Building ini dibungkus dalam sebuah Bimtek yaitu Bimbingan Teknis Pengembangan Sumberdaya Aparatur, dan diorientasikan untuk para aparatur khususnya di lingkungan Puskesmas agar nantinya memiliki kecakapan dan kompetensi teknis serta mampu produktif dalam tantangan dan dinamika kerja. Tujuan yang dicapai dari pelatihan ini adalah:

  1. – Meningkatkan & menambah kapasitas keilmuan sumberdaya aparatur rekan-rekan Puskesmas.
  2. – Untuk mengetahui dan memahami teknis dan strategi dalam “service exellent”
  3. – Untuk memahami pesan-pesan dalam “teknis berfikir positif” dalam mendukung peningkatan kinerja
  4. – Untuk mengetahui dan memahami peran dan posisi strategis “team work” untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi
  5. – Agar terjadi peningkatan kinerja dan produktifitas sumberdaya aparatur rekan-rekan Puskesmas.