Mencapai target dalam sebuah pekerjaan didukung dengan kinerja yang baik bagi setiap pekerja. Kinerja yang dimiliki setiap pekerja berbeda-beda dan memiliki gerak naik dan turun dalam performance-nya. Kinerja bisa di ukur dari target pencapaian pekerjaannya dan prestasi yang dicapai selama bekerja.

Jika sebuah kinerja tercapai sudah tentu tujuan organisasi tercapai. Agar tujuan organisasi tercapai tentu harus adanya pengukuran kriteria pencapaian kinerja setiap SDM. Pengukuran kinerja di setiap orang berbeda dan tentu di sesuaikan dengan jenis pekerjaannya. Agar kinerja seseorang baik dan meningkat maka dibutuhkan pelatihan dalam rangka peningkatan kinerja pekerjanya di suatu intansi. Salah satunya adalah training Capacity Building.

Capacity Building (meningkatkan kapasitas) yang dalam sebuah organisasi merupakan suatu proses untuk melakukan sesuatu, atau serangkaian kegiatan untuk melakukan perubahan multilevel pada diri individu, kelompok-kelompok, organisasi-organisasi, dan sistem-sistem guna memperkuat kemampuan penyesuaian individu dan organisasi dalam menghadapi perubahan lingkungan yang ada. Untuk itu memberikan cara dan motivasi suatu organisasi dalam membangun kapasitas organisasinya adalah salah satu cara mencapai tujuan organisasi bersama.

LPKSI kali ini mengadakan pelatihan “Capacity Building & Peran ESQ Manajemen Dalam Mendukung Peningkatan Kinerja Puskesmas”. Karena peran Puskesmas sebagai sumberdaya aparatur Negara dalam bidang layanan kesehatan perlu mendapat perhatian ekstra. Sumberdaya aparatur dibidang layanan terus dituntut memiliki kemampuan mumpuni dengan energi ekstra. Tuntutan ini yang menjadi alasan dibutuhkannya pelatihan dalam rangka meningkatkan kinerja rekan-rekan pekerja di Puskesmas melalui Capacity Building yang dipadukan dengan ESQ manajemen.

Emotional Spiritual Quotion (ESQ) Manajement merupakan metodologi yang acapakali diterapkan bagi individu dan organisasi dalam kerangka membangun dan membangkitkan semangat baru dalam mendukung kinerja institusi dan pribadi. Pelatihan ESQ menjadi kebutuhan untuk ditrapkan dalam tim dan organisasi.

Acara ini diadakan di Hotel Sariater, Subang Jawa Barat pada tanggal 8-9 September 2018. Lokasi Sariater yang nyaman dan bersahabat dengan alam terbuka, akan memberikan kenyamanan peserta untuk saling berinteraksi dalam rangka meningkatkatkan kapasitas kinerja rekan-rekan Puskesmas. Tujuan dari pelatihan Capacity Building & Peran ESQ Manajemen

  1. Untuk menambah kapasitas keilmuan sumberdaya aparatur di lingkungan rekan-rekan Puskesmas.
  2. Untuk mengetahui dan memahami teknis dan strategi dalam muatan ESQ Power.
  3. Untuk memahami pesan-pesan dalam “teknis berfikir positif” dalam mendukung peningkatan kinerja.
  4. Untuk mengetahui dan memahami peran dan posisi strategis “team work” untuk mendukung tercapainya tujuan organisasi.
  5. Agar terjadi peningkatan kinerja dan produktifitas sumberdaya aparatur rekan-rekan Puskesmas.