Dalam rangka meningkatkan Kapasitas Aparatur Pemerintah Daerah dalam menjalankan tugas, fungsi, hak dan kewajiban sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah terus melakukan terobosan-terobosan baru. Sebagaimana diketahui bahwa peningkatan kapasitas pegawai merupankan hal dan titik sentral yang paling penting . Hal ini dikarenakan peningkatan kapasitas pegawai dilakukan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada pegawai. Harapannya, diperoleh produktifitas kerja dan peningkatan kinerja. Tentu saja hal ini juga berlaku bagi pegawai yang ada dalam lingkup Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi.

Thus, sebagaimana diketahui bahwa ada dua alat ukur yang relatif dominan digunakan pada bidang sumber daya air yakni GPS Map 64 S (Garmin) dan Theodolite (Topcon GM-50). Para ASN di lingkungan bidang PSDA dituntut untuk mampu dan memiliki pengetahuan dalam penggunaan kedua alat tersebut.

Untuk itu, diperlukan sarana dan prasarana untuk menjembatani peningkatan kualitas pegawai yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan pelayanan.maka Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI), telah berhasil menyelenggarakan acara Bimtek Penggunaan Alat Ukur untuk Bidang Pengeloaan Sumberdaya Air di Grand Tjokro, Bandung (24 – 26 Maret 2021).