Salah satu aset terpenting dalam mewujudkan misi organisasi adalah ketersediaan sumberdaya manusia mumpuni. Para SDM inilah yang mampu menjawab dan menterjemahkan arahan dan visi-misi organisasi, termasuk di dalam organisasi pemerintahan seperti Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi.

Untuk mewujudkan program kinerja Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi, maka diperlukan SDM yang kompeten dalam bidanganya salah satunya petugas survey lapangan. Salah satu tujuan penting dari Petugas Survey adalah untuk memastikan bahwa pelaksanaan survey proyek pembangunan di lingkungan Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan dan kebutuhan.

Oleh karena itu, diperlukan sarana dan prasarana untuk menjembatani dalam peningkatan kualitas dan capability dari petugas  survey. Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) telah berhasil menyelenggarakan Bimtek Surveyor Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi pada tanggal 31 Maret – 01 April 2021 bertempat di Hotel Java Palace, Jababeka-Cikarang.