Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia, (LPKSI) 21 sampai dengan 23 Maret 2018 menyelenggarakan Workshop Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS). Acara ini dilaksanakan di Hotel  Java Palace Hotel Jl. Niaga Utara Kav 1-2, Jababeka II -Cikarang Utara.

Instruktur /Fasilitator adalah tenaga praktisi, akademisi yang dari bergabai instansi pemerintah maupun swasta yang telah bersertifikat TOT LKPP. Acara ini  terdiri dari presentasi, Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Praktek dan Simulasi.

Acara ini didasari dengan dasar pemikiran bahwa hampir 40% dari APBN/APBD dikeluarkan melalui proses pengadaan pemerintah. Hal ini menyebabkan proses pengadaan menjadi kegiatan yang paling penting dan kritikal untuk dilakukan dengan tepat dan benar.

Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengadaan, pemerintah telah melakukan terobosan dalam perumusan peraturan terkait pengadaan barang/jasa, peningkatan infrastrukur pengadaan barang/jasa, dengan adanya sistem e-procurement dan peningkatan kompetensi SDM / penguatan organisasi pengadaan.

Dalam kerangka meningkatkan kompetensi para pelaku pengadaan, khususnya unit kompetensi 06 (Menyusun Harga Perkiraan), untuk itu workshop ini diselenggarakan. Dengan kegiatan ini diharapkan, para peserta memiliki kecakapan dan kemampuan dalam menyusun dan membuat HPS secara mandiri.

By Gandhi