Dewasa ini upaya pengembangan kapasitas merupakan bagian yang penting di dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam kehidupan sehari-hari pengembangan kapasitas misalnya dilaksanakan dengan pendidikan, baik secara formal maupun informal. Di dalam pemerintahan pengembangan kapasitas aparatur pemerintahan juga penting untuk meningkatkan performa aparatur dalam menjaalankan tugasnya sebagai abdi negara, dan juga regulasi dan deregulasi kebijakan pemerintahan.

Dalam konteks pembangunan secara keseluruhan pun upaya pengembangan kapasitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Dengan kata lain tidak mungkin terjadi suatu proses pembangunan/pengembangan dalam hal apapapun tanpa upaya pengembangan kapasitas bagi pelaku maupun juga sistem yang mengaturnya.

Melihat perlunya peningkatan dan pengembangan kapasitas dikalangan pekerja institusi pemerintahan, LPKSI mengadakan sebuah kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Capacity Building yang diadakan di Gravity Adventure – Bandung tanggal 16 – 17 November 2018.

Kegiatan ini dihadiri oleh para staf institusi pemerintahan yang memang bergerak dalam bidang layanan, dengan materi berkaitan peningkatan kapasitas para staf.

  1. Revolusi Mental: Strategi dan Tatacara Meningkatkan Produktifitas Organisasi.
  2. Strategi Kerjasama Team, Membangun “trust” Demi Meningkat Kinerja Organisasi di Lingkungan Pemda.

Tujuan Bimbingan Teknis Pengembangan Capacity Building yang diadakan LPKSI:

  • Mengetahui dan memahami cara pelayanan yang baik bagi staf institusi terhadap masyarakat/Pelanggan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri sebagai staf pelayanan.
  • Memiliki integritas dan tanggungjawab penuh pada pelayanan yang diberikan masyarakat.
  • Meningkatnya keterampilan dalam berkomunikasi yang baik terhadap masyarakat.
  • Memahami strategi pelayanan yang benar untuk mencapai kepuasan pelanggan.
  • Memiliki sinergi yang tinggi dalam bekerja secara tim dan independent.

Selain bentuk pelatihan dalam bentuk pemberian materi dan coaching, LPKSI juga memberikan pelatihan dalam bentuk outbound bagi para staf pemerintahan. Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental. Kegiatan ini sangat berkorelasi dalam konsep pelatihan peningkatan pengembangan seseorang di kantor.

Pengadaan Outbound yang diadakan memiliki tujuan untuk meningkatkan invidual dari bidang pengetahuan, keterampilan, tingkahlaku, problem solving.