Harga Perkiraan Sendiri (HPS) adalah harga barang/jasa yang dikalkulasikan secara keahlian dan berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan. HPS digunakan sebagai dasar untuk menetapkan batas tertinggi penawaran yang sah untuk Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa dan Pengadaan Jasa Konsultansi yang menggunakan metode Pagu Anggaran. Meskipun menggunakan metode Pagu, HPS dari anggaran atas penawaran dengan evaluasi kualitas dan biaya wajib diumumkan karena Nilai total HPS bersifat terbuka dan tidak rahasia, sebaliknya Rincian Harga Satuan dalam perhitungan HPS bersifat rahasia.

HPS disusun dengan memperhitungkan keuntungan dan biaya overhead yang dianggap wajar. HPS berfungsi sebagai: Alat untuk menilai kewajaran penawaran termasuk rinciannya; Dasar untuk menetapkan batas tertinggi penawaran yang sah, dan; Dasar untuk menetapkan besaran nilai jaminan Pelaksanaan bagi penawaran yang nilainya lebih rendah dari 80% dari nilai total HPS. Penyusunan HPS didasarkan oleh salahsatunya adalah harga pasar setempat yang didapat dari beberapa sumber informasi. Penetapan HPS dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen, oleh karena itu dibutuhkan adanya tenaga SDM yang kompeten agar penetapan HPS dapat dilaksanakan dengan lancar dan sesuai.

Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) meninjau adanya kebutuhan pendidikan dan pelatihan bagi Pejabat Pembuat Komitmen agar mampu dan kompeten dalam menyusun HPS maka Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) yang dilaksanakan di Antero Hotel Jababeka – Cikarang, selama tiga hari mulai dari hari Rabu 13 Maret 2019 sampai dengan Jumat 15 Maret 2019.

Di dalam Workshop Penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) membahas materi tentang:

  1. Mengapa penting menyusun HPS? Penetapan Tujuan dan Prioritas
  2. Teknik dan Strategi Melakukan Analisis Pasar, Tahap Kegiatan dan Persiapan Analisis Pasar, Penilaian Tingkat Persaingan Pasar, Prediksi Perkembangan Pasar, Market Drivers, Penilaian Harga, Segmentasi dan Menilai Segmen Pasar
  3. Menetapkan Harga Perkiraan, Identifikasi Harga Satuan, Harga Perkiraan, Ketentuan Penetapan Harga Perkiraan
  4. Membedah Kesalahan Umum dalam Penyususan HPS
  5. Praktek Menyusun HPS
  6. Simulasi dan Evaluasi Penyusunan HPS: Best Practicess
  7. Diskusi Terpadu: Implikasi Hukum Penyusunan HPS

Narasumber / Fasilitator:

  1. Hermawan, S.E., M.M., CIPM (LKPP RI)
  2. Mudjisantosa, S.E., M.M (LKPP RI)
  3. Fajar Adi Hemawan, S.T (LKPP RI)