Profil Lembaga

Pengantar Eksekutif

Syahrul Salam, M.Si

Adalah suatu komitmen kolektif untuk mendukung akselarasi pembangunan nasional. Otoritas  ini tidak hanya dibebankan kepada pemerintah, namun semua stakeholder mesti terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata dalam perbaikan kebangsaan. 

Kelahiran Lembaga Pengkajian Kebijakan Strategis Indonesia (LPKSI) dalam kerangka untuk mengawal proses perjalanan dan tujuan berbangsa kita. Membangun bangsa harus dimaknai sebagai cita-cita besar kemerdekaan.

Oleh karenanya, penguatan kecerdasan dan komitmen para pihak harus menjadi spirit untuk membentuk insan yang kuat dalam intelektual dan pandai mengambil keputusan strategis.

LPKSI dalam pendiriannya diharapkan mampu menjembatani dan memberikan terobosan dalam berbagai isu dan kebijakan strategis di Indonesia. 

Pasca reformasi, ada berbagai varian isu sentral yang menjadi perhatian publik. Di antaranya, NKRI, keamanan nasional, hubungan pusat-daerah, keuangan negara, pengadaan barang/jasa pemerintah, pengelolaan aset, tata ruang, pengembangan SDM, demokrasi dan turunannya, lembaga negara, perubahan iklim, kesempatan kerja, politik industrialisasi, politik otonomi, poros maritim dunia dan mimpi bangsa maritim, termasuk tentu saja dunia pertanian dan peternakan kita .

Kesemua isu dan tema sentral di atas, perlu mendapat atensi maksimal dalam kerangka merumuskan solusi bersama. Dengan ini diharapkan, LPKSI dapat menjadi “Oase” untuk membuka aura bangsa besar, Indonesia Raya.

Jakarta, 2017

Syahrul Salam, M.Si

Direktur Eksekutif,

VISI

Ikut serta mencerdaskan Bangsa dan Negara sebagai perwujudan kewajiban Warga Negara Indonesia.

MISI

Menciptakan Sumber Daya Manusia professional dalam bidangnya guna mengantisipasi tantangan global.

TUJUAN UMUM

Membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan SDM yang cakap, jujur, bersifat terbuka, tanggap terhadap kemajuan. Memiliki pengetahuan serta keterampilan untuk memangku jabatan. Memerlukan pendidikan dan pengajaran tinggi. Cakap secara mandiri dalam memelihara, memajukan dan menerapkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian dalam bidangnya masing-masing. Ikut serta mensukseskan pembangunan menuju tercapainya masyarakat yang maju, adil dan sejahtera.

LEGAL STANDING

Notaris Tri Wibowo, SH., M.Kn., No. 08., Tanggal 09 Juni 2016  SKDU No. 500/187/VI/2016

NPWP : 80. 235.740.0-436.000  Nomor Keanggotaan Alpeksi : 020175/KTA-ALPEKSI/XI/2016

Nomor SKT Kesbangpol : 00-11-01/1326/XI/2016 Nomor Sertifikat ALPEKSI : 071/BSA-ALPEKSI/XI/2016.  Nomor SKT Dirjend Polpum Kemendagri : 01-00-00/10/D.IV.1/II/20172.

WhatsApp LPKSI